informasi global

Bupati Kendal: Kepala Sekolah Supaya Bisa Memasukan Muatan Lokal

KabarMHF.com-Bupati Kendal, Mirna Anissa, melantik 153 Kepala SD dan SMP di aula Dinas PUPR, Jumat (11/10). Dalam kesempatan itu, Mirna, mengatakan perkembangan Zaman dan teknologi sekarang ini perlu disikapi dengan bijak. Mirna, meminta kepada seluruh kepala sekolah supaya bisa memasukkan muatan lokal yang berbasis era industri 4.0. “Supata harus update dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, perlu diberi mata pelajaran muatan lokal yang adaftif terutama berkaitan dengan adanya Kawasan Ekonomi Khusus,” ujarnya.

Mirna, meminta kepada kepala sekolah supaya bisa menekankan pendidikan karakter dan moral, serta dapat mengajarkan tentang pengurangan sampah plastik di sekolahan. Disamping itu, juga mengajarkan anak-anak untuk jujur, buang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan plastik dan lainnya.
“Itu akan lebih berguna untuk masa depannya, daripada setiap hari hanya diajarkan matematika saja. Ilmu pasti bisa dipelajari, namun mencetak pribadi anak itu yang sulit,” jelas Mirna.
Mirna, menegaskan tanggung jawab Kepala Sekolah adalah meningkatkan profesionalitas guru di lingkungan kerja masing-masing.
“ Merupakan suatu keprihatinan, yang mendalam apabila seorang Pegawai Negeri yang berprofesi sebagai guru, yang merupakan profesi terhormat, melakukan pelanggaran disiplin pegawai, melanggar norma masyarakat, atau bahkan melakukan pelanggaran hukum,” tambahnya.
Plt Kepala Dinas pendidikan dan Kebudayaan Wahyu Yusuf Ahmadi, mengatakan seorang guru harus mampu menjalankan profesinya dengan baik, penuh dengan dedikasi dan tanggung jawab, mengingat profesi guru sangat dihargai oleh pemerintah dan masyarakat.
Diharapkan kepala sekolah agar memperhatikan sungguh-sungguh kinerja para guru di lingkungan sekolah masing-masing, serta ketaatannya terhadap ketentuan yang mengatur kepegawaian, termasuk ketaatan dalam melaksanakan jam kerja atau jam mengajar maupun pengelolaan dokumen-dokumen yang terkait proses pembelajaran di sekolahnya. Ia menjelaskan, kepala sekolah yang dilantik berjumlah 153, dengan rincian guru SD yang dimutasi sebagai kepal sekolah sebanyak 80 orang, dan guru SMP yang dimutasi sebagi kepala sekolah berjumlah 12 orang. Sementara itu, guru SD yang dipromosikan sebagai kepal sekolah berjumlah 55 orang dan guru SMP yang dipromosikan sebagai kepala sekolah sebanyak 6 orang.
Reporter: Risna
Editor: Priyo

9 Comments

Leave a Comment