informasi global

Kopi Liberika, Dicari Karena Bisa Untuk Obat

KabarMHF.com-Kopi Liberika adalah jenis kopi yang berasal dari Liberia, dan Afrika Barat. Kopi ini dapat tumbuh setinggi 9 meter dari tanah. Pada abad-19, jenis kopi ini didatangkan ke Indonesia untuk menggantikan kopi Arabika yang terserang hama penyakit. Diantaranya di wilayah Kendal bagian atas. Lantaran pohonnya besar, banyak petani yang kurang suka menanam kopi tersebut. Bahkan ada beberapa petani kopi di Kendal, menebang pohon kopi Liberika itu, dan disetek dengan tanaman kopi Robusta. Saat ini, kopi yang mulai langka itu, banyak dicari orang, karena diyakini mempunyai khasiat. Apa khasiatnya ?

Penjual kopi Liberika asal Sukorejo Kendal,  Eko Siswanto,mengaku tidak tahu kalau kopi Liberika bisa menyembuhkan penyakit perut atau asam urat. Ia baru tahu setelah ada beberapa pembeli, yang menceritakan kasiat lain dari minum kopi Liberika tersebut.
“Yang datang ke sini, ada yang dari Jakarta. Kata orang yang membeli itu, untuk sakit perut,” kata Eko.
Selain itu, tambah Eko, banyak juga orang desa yang datang ke kiosnya membeli kopi Liberika, untuk obat sakit asam urat.
Petani kopi asal Sukorejo Kendal Jawa Tengah, Widodo, menambahkan kopi Liberika saat ini banyak dicari. Baik itu buah kopi maupun tumbuhannya. Sebab banyak orang yang mempercayai kopi Liberika , bisa untuk obat. Lantaran dicari orang, banyak petani kopi yang ingin kembali menanam tumbuhan kopi Liberika itu.
Widodo, mengaku kopi Liberika adalah khas kopi Kendal, karena sulit dijumpai di daerah lain. Dirinya, saat ini sedang mengembangkan tanaman kopi Liberika tersebut.
“Saya punya pohon kopi Liberika, yang usianya ratusan tahun,” ujarnya.
Pohon kopi itu, aku Widodo, peninggalan eyangnya. Supaya tidak musnah, Widodo, juga mengembangkan tanaman kopi tersebut.
Penulis: Priyo
Fotografer: Risna

 

10 Comments

Leave a Comment