informasi global

Bila Ditutup, GBL Akan Jadi Tempat Wisata

KabarMHF.com-Lokalisasi pelacuran Gambirlangu (GBL), di desa Sumberejo Kaliwungu Kendal Jawa Tengah, akan dijadikan tempat wisata hiburan dan kuliner, bila nanti jadi ditutup. Hal itu dikatakan oleh ketua Resos lokalisasi GBL, Samadi, melalui telepon genggam, Senin (14/10). Samadi, mengatakan pihaknya sudah mendengar rencana penutupan lokalisasi GBL, dari pemerintah. Dinas Sosial Kabupaten Kendal, juga sudah melakukan sosialisasi terkait dengan rencana itu.

“Kami sudah melakukan persiapan, bila nanti jadi ditutup,” kata Kasmadi.
Kasmadi, menambahkan sudah ada sekitar 60 orang yang mengajukan ijin mendirikan tempat karaoke. Disamping itu, jelas Kaswadi, di lokalisasi GBL sudah terbentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Sebagai ketuanya adalah, Kaswadi sendiri.
Terkait dengan hal itu, kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kendal, Agung, mengatakan dirinya belum tahu kalau lokalisasi GBL nantinya dijadikan tempat wisata hiburan dan kuliner. Sebab perijinan mendirikan tempat hiburan, berada di Badan Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Kendal.
“Bagus kalau memang dijadikan tempat untuk wisata. Asalkan wisata yang sesuai dengan aturan dan perijinannya,” tambahnya.
Sementara itu, kepala Dinas Sosial Kabupaten Kendal, Suharso, mengatakan lokalisasi GBL, rencananya akan ditutup bulan November. Pihaknya masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat. Setelah ditutup, PSK nya akan dikembalikan ke kampung halamannya.
“Kami mengusulkan ke pemerintah pusat, supaya PSK itu mendapat uang saku untuk usaha sebesar 5-6 juta. Untuk biaya pemulangannya, kami yang menanggung,” jelasnya.
Subarso, berharap setelah kembali ke kampung halamannya masing-masing, para PSK itu bisa melupakan kerjaan lamanya, dan bisa menjadi pekerja salon, katering atau penjahit. Sebab mereka sudah diberi ketrampilan oleh pemerintah. Menurut data, jelas Subarso, PSK yang ada di GBL wilayah Kendal jumlahnya ada 140 orang.

Reporter: Risna

Editor: Priyo

7 Comments

Leave a Comment