informasi global

Jodhi Mengajak Siswa SMPN 2 Kendal Menyanyikan Puisi

KabarMHF.com-Seniman Jakarta, Jodhi Yudono, mengajak siswa SMPN 2 Kendal, menyanyikan puisi. Dengan membawa gitar bolong, Jodhi, mula-mula menjelaskan apa yang dimaksud puisi. Lalu ia pun mempraktekkan bagaimana menyanyikan sebuah puisi dengan diiringi gitar. Ada tiga puisi yang dinyanyikan oleh mantan redaktur Kompas.com tersebut.
“Saya lebih senang menyebutnya nyanyian puisi daripada musikalisasi puisi,” kata Jodhi, Jumat (25/10).
Jodhi, menambahkan menyajikan puisi harus dengan iringan musik. Nadanya, harus disesuaikan dengan isi dan makna puisi tersebut. Hal ini bisa membuat pendengar ikut merasakan apa yang diinginkan oleh penyairnya.
“Cukup sulit, tapi bisa dilakukan. Orang yang menyanyikan puisi disebut penyanyi puisi,” ujarnya.
Sebagai penutup Jodhi, mengajak anak-anak menaynyikan bersama lagu Kasih Ibu. Semua dengan rasa haru, dengan diringi gitar, menyanyikan lagu anak-anak tersebut.
“Ini untuk ibu kita semua. Semoga diberi kesehatan bagi yang masih hidup, dan diampuni oleh Tuhan, bagi yang sudah meninggal dunia,” jelasnya.
Sementara itu, kepala SMPN 2 Kendal, Supardi, mengatakan hadirnya seniman asal Jakarta, Jodhi Yudono, untuk mengajarkan bagaimana membuat puisi dan kemudian menyanyikannya. Acara dilaksanakan dalam rangka memperingati , bulan bahasa.
“Kamj beruntung, Jodhi, bisa hadir di sini. Sangat kebetulan, karena Jodhi, punya acara dengan kawan-kawan wartawan online, juga MHF,” akunya.
Setelah mendapat ilmu dari Jodhi, tambah Supardi, siswa disuruh membuat puisi dan kemudian dinyanyikan.
Selain Jodhi Yudono, acara bulan bahasa di SMPN 2 Kendal, juga menampilkan seniman asal Kendal, Ali Murtadho, Son, dan Kelana.

Reporter: Priyo

 

11 Comments

Leave a Comment