informasi global

Mungkinkah Pohon Kopi Liberika Ini, Tertua Di Indonesia ?

KabarMHF.com- Kopi Liberika, saat ini mulai disukai oleh penikmat kopi. Selain berararoma buah nangka, kopi Liberika juga dipercaya bisa untuk mengobati sakit asam urat. Nah, di Kabupaten Kendal Jawa Tengah, ada pohon kopi Liberika yang usianya hampir 200 tahun. Pohon kopi itu milik petani kopi asal desa Mlatiharjo Patean Widodo (55). Tinggi pohon kopi Liberika tersebut, sekitar 6 meter dan batangnya sebesar pohon Jati tua. Menurut Widodo, kopi miliknya itu ditanam oleh buyutnya. Dulunya, ada belasan pohon. Tapi, karena pohonnya tinggi dan para petani kesulitan bila memanen kopinya, kemudian ditebang dan disteak dengan kopi Robusta. Akibatnya, pohon kopi Liberika yang jarang ditemui di daerah lain itu, habis dan berubah menjadi kopi Robusta. Menurut Widodo, pohon kopi Liberika yang berumur ratusan tahun itu, hingga kini masih produktif. Sekali panen, pohon kopi itu, bisa menghasilkan 2,4 kwintal. Kwalitas buah kopinya juga bagus kalau dibandingkan dengan pohon kopi Liberika berusia puluhan tahun.
“Kalau matang, buah kopinya berwarna ungu. Tidak merah seperti kopi Liberika yang lain,” kata Widodo, Minggu (05/01/2020).
Widodo, menambahkan banyak penggemar kopi yang penasaran dengan kopi Liberika peninggalan nenek moyangnya tersebut. Mereka ingin membelinya untuk dikosumsi sendiri. Tapi tidak diberikan. Widodo, hanya menjuak kopi Liberika miliknya yang berusia puluhan tahun.
“Khusus kopi Liberika dari pohon yang usianya hampir 200 tahun, tidak aku jual. Kopi itu aku olah dan dikosumsi sendiri. Juga untuk hidangan para tamu,” ujarnya.
Widodo, menjelaskan di Kabupaten Kendal, diantaranya di Patean, Sukorejo, Pageruyung, Plantungan, Singorojo, Boja dan Limbangan, masih banyak pohon kopi Liberika. Usia pohon itu, rata-rata di bawah 100 tahun.
“Kopi Liberika di Kendal terdiri dari beberapa varian. Ada yang besar, daunnya seperti tanaman gelombang cinta, ada yang daunnya seperti daun pohon apel dan sebagainya,” aku Widodo.
Widodo, mengatakan pohon kopi Liberika di Kendal, pertama ditanam oleh orang Belanda. Kopi itu, ditanam sebagai pengganti kopi Robusta, yang pada saat itu diserang hama. Kopi Liberika, termasuk tanaman yang tahan hama. Pohon kopi itu, bisa tumbuh di ketinggian di bawah 100 dari permukaan laut (DPL).
Penulis : Priyo

11 Comments

Leave a Comment