informasi global

Bocah Ini, Kehilangan Kaki Kanannya Karena Sakit Gula

KabarMHF.com-Sungguh malang nasib, Abel Nova Azzahra (13), warga desa Trimulyo Sukorejo Kendal ini. Sebab anak kedua pasangan Mulyono (42) dan Riyati (40) ini, harus kehilangan kaki kanannya karena terserang penyakit gula. Akibatnya, anak yang hobi sepak bola dan bercita-cita ingin jadi tentara tersebut, harus lebih banyak duduk di kursi roda. Menurut cerita, sang ibu, Riyati, Abel yang duduk di bangku SD Kelas VI ini, adalah anak yang aktif. Seperti halnya anak seusia dia, Abel, suka bermain sepakbola. Tapi, Agustus 2019 lalu, ia menderita sakit ginjal, hingga badannya bengkak dan seperti tidak punya daya.
“ Lalu ia saya bawa ke RSUD Suwindo Kendal, dengan menggunakan surat keterangan tidak mampu (SKTM),”kata Riyati (01/02/2020).
Hasil dari pemeriksaan dokter di RSUD Kendal, tambah Riyati, dijetahui Abel, ginjalnya bocor. Setelah dirawat kemudian Abel diberi obat jalan. Kemudian, Abel, diperiksakan ke Rumah Sakit Islam (RSI) Weleri Kendal, dengan menggunakan BPJS Mandiri. Lalu dirujuk ke RS. Kariadi Semarang.
“Setelah dilakukan tes darah, Abel, menderita sakit gula. Gulanya sampai 595,” jelasnya.
Penyakit Abel , rupanya tidak cuma ginjal bocor dan gula. Siswa SD Tri Mulyo 1 Sukorejo tersebut juga menderita penyumbatan darah di kaki kanannya. Lalu dioperasi sebanyak 2 kali.
“Supaya luka operasinya tidak menjalar, lalu 9 Januari kemarin, kaki kanannya dipotong,” ucap Riyati sedih.
Riyati, berharap supaya Abel cepat sembuh dan bisa kembali sekolah.
Terkait dengan hal itu, Mochamad Herviano Foundation ( MHF), yang mendengar penderitaan Abel, langsung datang berkunjung ke rumahnya. MHF, memberi sumbangan dan motivasi Abel. Sekretaris MHF, Fienda, berpesan supaya Abel, tetap semangat dalam menggapai cita – cita. Untuk kedua orang tua Abel , ia berharap agar tetap tabah menjalani semua cobaan tersebut.
Penulis : Ika Koala
Foto : Dhian Risna
Editor: Priyo

19 Comments

Leave a Comment