News

Bawaslu Kendal Aktifkan Panwascam Dan Panwas Desa

KabarMHF.com-Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kabupaten Kendal Jawa Tengah, Senin (15/06/2020), hari ini kembali mengaktifkan panitia pengawas Pemilu ( Panwaslu) tingkat kecamatan dan desa. Dasar pengaktifan tersebut, surat edaran ( SE) Bawaslu RI No. 0197/2020, tentang Pengaktifan Kembali Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa , dalam Rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020. Ketua Bawaslu Kendal , Odilia Amy Wardayani, lewat rilisnya mengatakan, pengaktifan kembali seluruh jajaran Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa itu dilakukan melalui video conference (vidcon) di Kantor Bawaslu Kendal Jl. Kyai Gembyang No. 23 Kendal, yang terhubung langsung dengan jajaran pengawas kecamatan dan desa. Vidcon dilakukan Minggu (14/06/2020), dan dihadiri oleh Sekretariat Sri Wahyuning serta jajaran pimpinan Bawaslu Kendal, Achmad Ghozali (Kordiv Pengawasan), Firman T. Sudibyo (Kordiv Penyelesaian Sengketa) dan Arief Musthofifin (Kordiv Hukum).
“Iya, Bawaslu Kendal mengaktifkan kembali 59 Panwaslu Kecamatan dengan SK Ketua Bawaslu Kendal No. 471/2020. Juga mengaktifkan 286 Panwaslu Kelurahan/Desa dengan SK Ketua Bawaslu Kendal No. 476/2020,” kata Odilia.
Sebelumnya, masa tugas Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa diberhentikan sementara , karena ada penundaan Pilkada. Penundaan Pilkada serentak itu, dikarenakan pandemi Covid-2019. Pemberhentian sementara itu, tambah Odilia, berdasarkan SE Bawaslu RI No. 0252/2020 tentang Pengawasan Penundaan Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 dan Surat Ketua Bawaslu RI No. 0255/2020 tentang Pemberhentian Sementara Panwaslu Kecamatan serta Panwaslu Kelurahan/Desa.
penulis : Priyo
editor : Fai

Leave a Comment