News

Ketua KPU Kendal: Kami Akan Jaga Kenetralan Dalam Pilkada

KabarMHF.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal, berjanji akan benar-benar netral dalam pilihan kepala daerah 2020 nanti. Menjaga kenetralan itu, sudah dilakukan oleh KPU, sejak ketika mulai melakukan perekrutan Panitia Penyelenggara Pemilu tingkat kecamatan dan desa. Hal itu dikatakan oleh ketua KPU Kendal, Hevy Indah Oktaria, dalam acara focus group discussion (FGD) yang digelar oleh Polres Kendal, Jumat (10/07/2020).
Hevy menegaskan, ketika melakukan seleksi perekrutan PPK, PPS, pihaknya benar-benar hati-hati dan teliti, supaya yang diterima menjadi PPK dan PPS , benar-benar tidak menjadi anggota partai peserta pemilu.
“Kami saat ini juga sudah menggelar beberapa bimbingan teknis, agar anggota PPK dan PPS tahu betul tugasnya,” ujar Hevy.
Menurut Hevy, untuk menjaga kenetralan ini, pihaknya juga melarang anggota PPK dan PPS untuk mengeluarkan statement atau pernyataan di dalam media sosial yang cenderung berpihak pada salah satu calon.
“Kami akan bersinergi dengan Polres dan Bawaslu Kendal, dalam menyelenggarakan Pemilu ini, supaya bisa berjalan aman dan lancar,” tambahnya.
Sementara itu, ketua Bawaslu Kendal, Odelia Amy Wardayani, mengatakan pihaknya sudah mengaktifkan kembali 60 Panwas di kecamatan dan 286 di tingkat desa. Pihaknya juga sudah memberi bintek kepada petugas supaya tetap netral.
“Kami juga membuat sekolah kader pengawasan. Ada 57 peserta,” ujarnya.
Bawaslu , tegas Odel, akan mengawasi Pilkada 2020 bersama rakyat.
Terkait dengan hal itu, Kasatintel Polres Kendal, AKP. Rohmadi Hartono, menegaskan Polres Kendal dalam menjaga keamanan Pilkada 2020 Kendal, akan menyiapkan 650 personilnya. Selain itu, juga akan dibantu petugas keamanan dari Brimob, Polda Jawa Tengah, TNI, dan Polres dari Salatiga.
Penulis : Priyo
Editor : Fai

Leave a Comment