News

Beginilah Cara Mas Vino, Lakukan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

KabarMHF.com-Sebanyak 150 peserta Sosilasisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR yang dilakukan oleh anggota komisi V DPR RI dari PDI Perjuangan, Mochamad Herviano Widyatama, berjoget bersama sambil menyanyikan lagunya Alm. Didi Kempot. Mereka bernyanyi dan berjoget gembira, setelah bisa menjawab judul lagu, dalam kuis tebak lagu Jawa yang diberikan oleh sang moderator, Henry Christianto. Ada sepuluh lagu Jawa karya penyanyi the lord of broken heart, yang digunakan untuk kuis. Peserta yang bisa menjawab pertanyaan, mendapat hadiah dari panitia. Mereka semua mengaku sangat bahagia.
Seperti yang diakui oleh salah satu peserta Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, Muhyidin. Menurutnya, baru kali ini dirinya mengikuti Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR RI, dengan sangat rilek. Sebab, ada kuis lagu campursari, sehingga peserta bisa menyanyi bersama dan berjoget.
“Meskipun dilakukan siang hingga sore hari, kami tidak mengantuk. Ini luar biasa,” kata Muhyidin.
Muhyidin mengatakan, pola sosialisasi seperti ini, bisa ditiru oleh anggota DPR RI yang lain, sehingga peserta tidak jenuh dan mengantuk.
“Meskipun santai, tapi materinya masuk ke peserta. Sebab tidak tegang,” ujarnya.
Terkait dengan hal itu, salah satu relawan Mochamad Herviano, Dimas, Sosialisasi 4 Pilar MPR RI oleh anggota komisi V DPR RI, Mochamad Herviano, digelar di Semarang, Minggu (19/07/2020). Acara diikuti oleh 150 peserta dari masyarakat umum dan kader PDI Perjuangan. Disamping itu, juga dihadiri oleh wakil walikota Semarang, Hernita Hevearita Gunaryanti Rahayu. Sementara mas Vino, demikian sapaan akrab Mochamad Herviano, dalam Sosialisasi 4 Pilar tersebut, bicara langsung dengan peserta , menggunakan video confren. Sebab masih dalam suasana pandemi covid 19.
“Acara kami selingi dengan kuis, supaya lebih rilek. Selain, kuis tebak judul lagu, juga ada kuis tebak judul lagu nasionalisme, dan kuis seputar UUD 1945,” jelas Dimas.
Dimas menambahkan, dalam kuis tersebut, peserta dibagi 4 kelompok. Kelompok Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Sebelum menjawab pertanyaan, peserta diminta untuk menyebutkan passwordnya.
“Alhamdulillah. Semua bahagia. Semoga kebahagiaan ini, bisa meningkatkan imun kita, sehingga tidak terkena covid 19,” harapnya.
Sementara itu, melalui video confren, Mochamad Herviano, mengatakan pandemi covid 19 membuat roda perekonomian masyarakat tersendat. Sebagai wakil rakyat, kata Vino, dirinya akan mendampingi masyarakat, supaya perekonomian tetap berjalan di tengah pandemi covid 19.
“Mari kita bersama-sama mentaati protokol kesehatan, supaya terhindar dari covid 19, dan bisa bergotong-royong membangkitkan perekonomian,” ujarnya.
Vino menambahkan, Pancasila sebagai idiologi bangsa harus dijaga dan dipertahankan bersama. Sebab Pancasila adalah pemersatu bangsa yang digali dari para pendahulu kita, diantaranya bung Karno.
“ Dalam situasi apapun, Indonesia harus terus berjalan. Sebab cita cita bangsa kita ada di Pancasila, yaitu menciptakan masyarakat yang berdaulat, adil dan makmur. Walaupun kita berbeda-beda suku, agama, bahasa, budaya, tetapi tetap satu,” tegasnya.
Vino, dalam kesempatan itu, juga meminta kepada masyarakat supaya bersabar menghadapi pandemi covid 19. Sebab pandemi covid 19 adalah ujian dari Allah.
“Kita tetap berdoa, bersemangat dan sekali lagi harus gotong – royong untuk memerangi covid 19. Ingatkan saudara, kerabat dan tetangga yang tidak mentaati protokol kesehatan,” pungkasnya.
Penulis : Priyo.
Editor : Ifa

Leave a Comment