News

Guru Bahasa Jawa Mengadu Ke Herviano

KabarMHF.com-Perwakilan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jawa Provinsi Jawa Tengah, mengadu ke anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Mochamad Herviano Widyatama, Rabu (14/04/2021). Mereka mengadu, datang ke rumah aspirasi Mochamad Herviano Widyatama, di jalan raya Kaliwungu Kendal. Kedatangan belasan guru bahasa Jawa SMK/SMA itu, diterima langsung oleh ketua umum pengawal aspirasi Mochamad Herviano, Henry Christianto, yang datang dari Jakarta. Ketua MGMP Bahasa Jawa SMK Provinsi Jawa Tengah, Riyanto Pujo Nugroho, mengaku kedatangan mereka ke rumah aspirasi Herviano, untuk menyampaikan ‘uneg-uneg’ guru bahasa Jawa SMA/SMK dan SMP di Jawa Tengah.
“Pemerintah tahun ini membutuhkan 1 juta guru, yang akan diangkat PPPK. Tapi formasi guru bahasa Jawa informasinya tidak ada,” kata Pujo.
Pujo berharap, Herviano bisa menyampaikan ‘uneg-uneg’ guru bahasa Jawa di Jawa Tengah ke Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, sehingga ada formasi untuk guru Bahasa Jawa di PPPK tahun ini.
“Yang datang ke rumah aspirasi Herviano, perwakilan guru bahasa Jawa SMK/SMA dari Kendal, Kota Semarang, Kabupaten Semarang dan Salatiga,”ujarnya.
Selain itu, tambah Pujo, pihaknya juga meminta kepada pemerintah supaya mata pelajaran bahasa daerah masuk ke dalam kurikulum nasional sebagai pelaksanaundang-undang.
“Karena saat ini Bahasa Daerah masih masuk pelajaran muatan lokal,” jelasnya.
Sementara itu, Ketua umum pengawal aspirasi Mochamad Herviano, Henry, usai menerima perwakilan guru Bahasa Jawa mengatakan, dalam Pasal 32 ayat 2 UUD 1945 disebutkan bahwa, Negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional. Oleh sebab itu, guru Bahasa Daerah harus dijamin kesejahteraannya. Sebab, mereka adalah pelestari bahasa daerah.
“Kami akan mendukung keinginan guru Bahasa Daerah. Nanti kami akan mencoba mempertemukan mereka dengan kepaladaerah. Yang guru SMK/SMA ke Gubernur, yang SMP ke Walikota/Bupati atau pimpinan DPRD,” kata Henri.
Henri menegaskan, dalam rapat dengan guru Bahasa Daerah tadi, juga diikuti oleh 2 tim ahli Mochamad Herviano di Jakarta secara virtual.
“Tim ahli Herviano sudah mencatat semua uneg-uneg guru Bahasa Daerah, dan nanti akan disampaikan ke mas Vino (Mochamad Herviano-red), “ pungkasnya.
Penulis : Priyo
Editor : Fai

6 Comments

Leave a Comment