News

Dico: Hubungi 112, Bila Melihat Pemudik Yang Pulang Kampung

KabarMHF.com-Bupati Kendal Jawa Tengah, Dico M Ganinduto, melauncing layanan panggilan darurat 112, di ruang Paringgitan kantor bupati setempat, Senin (3/05/2021). Layanan bebas pulsa tersebut, untuk warga dalam situasi gawat darurat. Panggilan darurat 112 tersebut merupakan bagian dari program Kendal menuju Smart City. Masyarakat bisa melaporkan secara langsung, termasuk bila ada pemudik yang pulang kampung, atau adanya kerumunan masyarakat yang bisa menimbulkan klaster covid 19.
“Ini mau lebaran, banyak warga Kendal yang berada di luar kota, pulang kampung. Silahkan laporkan, nanti biar satgas Covid menindak lanjuti,” kata Dico.
Dico menambahkan, panggilan darurat 112 ini terhubung ke semua dinas di pemerintahan Kabupaten Kendal. Jadi bila ada laporan kejadian, seperti misal kebakaran, banjir, atau tanah longsor, dinas terkait langsung cepat – cepat ke lokasi.
“Kehadiran panggilan nomor darurat 112 di Kabupaten Kendal ini layaknya nomor panggilan darurat 911 di Amerika,” jelasnya.
Dico berharap, agar layanan darurat 112 dapat digunakan secara efisien dan efektif dan jangan dibuat untuk mainan, iseng dan lain-lainnya. Hal ini akan dilakulan sanksi terhadap penggunaan yang tidak sesuai peruntukannya. Petugas Kedaruratan agar selalu Stanby di posko selama 24 Jam secara bergantian (shift), dan layanan 112 tidak boleh kosong.
“Saya berharap lakukan sosialisasi secara intensif kepada masyarakat luas, agar masyarakat Kendal mengetahui tentang layanan darurat 112 ini dan dapat memanfaatkan program ini disaat membutuhkan,”ujarnya.
Sementara itu, kepala Diskominfo Kendal, Wiwit Andariyono, menjelaskan kantor layanan 112 berada di samping kantor bupati Kendal. Petugas akan dibagi 2 sift.
“Ada beberapa yang bertugas. Khusus dari Dinas Kominfo, mengirimkan minimal 1 petugas disetiap siftnya,” pungkasnya.

Penulis : Priyo

Editor : Fai

5 Comments

Leave a Comment