News

Tjahyo Kumolo: Bupati Kendal Bisa Menjadi Role Model Bagi Generasi Muda

KabarMHF.com-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo, meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Kendal, di Kantor DPMPTSP Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Rabu (02/06/2021). Dalam sambutannya politisi PDI Perjuangan tersebut, mengatakan bupati Kendal ini bisa menjadi role model bagi generasi muda yang peduli terhadap pelayanan publik. Sudah selayaknya generasi muda menjadi penerus, dan turun langsung menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat.
“MPP Kabupaten Kendal merupakan MPP yang ke-42 di Indonesia, dan yang ke-8 di Provinsi Jawa Tengah,” kata Tjahyo Kumolo.
Ia menambahkan, dengan ditentukannya Kendal sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) , ke depan kehadiran MPP Kendal dapat semakin mempermudah perizinan dan investasi yang akan berdampak langsung pada peningkatan ekonomi.
“MPP ini merupakan sebuah wujud nyata dari keseriusan pemerintah daerah dalam melakukan kolaborasi dengan pemerintah pusat, sebagai upaya mendorong terciptanya pelayanan publik yang terintegrasi,” ujarnya.
Tajahyo, berharap Integrasi layanan, mempermudah masyarakat dalam menerima pelayanan yang cepat dan mudah. Tentunya harapan ini sejalan dengan agenda Presiden Joko Widodo terkait reformasi birokrasi dan tranformasi pelayanan publik.
Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, keberadaan MPP sesuai dengan salah satu Visi-Misi Bupati dan Wakil Bupati , yaitu berkeadilan dimana misi yang ingin dicapai adalah Pemerataan pembangunan berbasis pengembangan wilayah yang ditopang tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, melayani, dan partisipatif. Ia berharap, hadirnya MPP dapat mendukung pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik, dalam menuju era good governance.
“Adanya Keputusan Presdien No. 79 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan Kendal mendorong Pemerintah Kabupaten Kendal untuk memfasilitasi pertumbuhan ekonomi sesuai dengan tagline Kendal Handal, Kendal Lebih Baik,” kata Dico.
Dico menjelaskan, kondisi perekonomian Kabupaten Kendal pada tahun 2020 mengalami kontraksi pada angka -1,5% sebagai dampak pandemi. Namun Kabupaten Kendal terus melakukan pembenahan dengan berfokus pada Industri dan investasi serta penggerakan UMKM dan sektor pariwisata sebagai sektor unggulan.
Penulis: Slamet Priyatin
Editor : Fai

6 Comments

Leave a Comment