News

Dico Kagum Pada lukisan Anak SLB Swadaya

KabarMHF.com-Desata (17), asik melukis bunga di payung. Remaja tuna rungu tersebut, seperti tidak peduli dengan orang-orang di sekitarnya. Tangan kanannya, terus ia gerakkan. Beberapa menit kemudian, payung berwarna hijau itu, sudah dipenuhi lukisan bunga. Sangat indah. Siswa kelas 3 SMA SLB Swadaya Kaliwungu Kabupaten Kendal tersebut, dengan bahasa isyarat yang diterjemahkan oleh gurunya, mengaku sudah sejak kecil suka melukis. Selain melukis bunga, menurut Desata, dirinya juga suka menggambar boneka.
“Melukis hobi saya sejak kecil,” kata Desata , dengan bahasa isyarat, Senin (7/05/2021).
Sementara itu, guru ketrampilan SLB Swadaya, Indrayati, menjelaskan Desata, adalah salah satu murid yang mempunyai kelebihan melukis. Ia, tambah Indrayati, juga sering menulis di kanvas.
“Payung yang di lukis Desata dan siswa SLB sini, dijual. Satu payung yang sudah dilukis, dijual 75.000 rupiah,” ujarnya.
Indrayati, mengaku kalau payung yang sudah dikukis oleh siswanya tersebut, sudah terjual dibeberapa daerah. Diantaranya, Kalimantan, Jakarta, Bandung, Semarang, dan lainnya.
“Kami menjualnya lewat online. Pemesan bisa meminta gambar, sesuai keinginannya,” kata Indrayati.
Selain payung lukisanan, siswa SLB Swadaya, juga diberi ketrampilan membatik dan membuat telur asin.
“Jumlah siswa SLB Swadaya Kaliwungu Kendal ini, ada sekitar 174. Mulai SD sampai SMA. Siswa terbanyak, adalah SD. Siswa yang sekolah di sini, penyandang tuna rungu, tuna netra dan tuna grahita,” jelasnya.
Terkait dengan hal itu, bupati Kendal, Dico M. Ganindito, yang berkunjung di SLB Swadaya usai memberi bantuan keuangan khusus (DKK) untuk dusun dan tunjangan kematian di halaman balai desa Karang Tengah Kaliwungu, mengaku kagum dengan ketrampilan siswa SLB tersebut. Ia berharap, ketrampilan para siswa SLB Swadaya bisa lebih berkembang.
“Kabupaten Kendal sudah bekerja sama dengan beberapa toko online. Nah, payung lukisan siswa SLB ini, bisa dipasarkan di situ,” pungkasnya.
Penulis : Priyo
Editor : Fai

1 Comment

Leave a Comment