News

Sebanyak 30% Penduduk Kendal, Membuang Sampah Plastik

Semarang,KabarMHF.com-Sekitar 30 persen dari jumlah penduduk di Kabupaten Kendal Jawa Tengah, masih menggunakan plastik untuk bungkus, dan tempat minuman. Hal itu sangat membahayakan, karena sampah plastik bisa menimbulkan polusi tanah. Ketika plastik dibuang di tempat pembuangan sampah, benda ini akan berinteraksi dengan air dan membentuk bahan kimia berbahaya. Seperti yang dikatakan oleh bupati Kendal, Dico, M Ganinduto, di sela-sela sambutan pengukuhan Pengurus Paguyuban Kades Bahurekso Masa Bhakti 2021 – 2024 di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Selasa (14/09/2021).
“Pembakaran plastik di udara terbuka , juga bisa menyebabkan pencemaran lingkungan , akibat pelepasan bahan kimia beracun,” tambahnya.
Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Kendal bersama Para Kepala Desa melakukan Deklarasi bersama tentang Gerakan Pengurangan Sampah Plastik. Deklarasi ini berisi tekad untuk mengampanyekan gerakan anti sampah plastik, dan mengajak seluruh warga Kendal mengurangi sampah plastik serta pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, dengan melaksanakan “Gerakan Pilah Sampah dari Rumah dan Gerakan Bersih-Bersih Lingkungan Sekitar Rumah”.
“ Saya sudah mengeluarkan Peraturan bupati nomor 22 Tahun 2021, tentang pengendalian penggunaan plastik di Kabupaten Kendal,” jelasnya.
Sementara Ketua Paguyuban Kades, Abdul Malik dalam sambutannya mengatakan Keberadaan Paguyuban Kades bisa memberikan manfaat untuk mendukung visi-misi Bupati Kendal dan Wakil Bupati Kendal. “Paguyuban Kades Bahurekso Kendal siap mendukung program pemerintah dalam Penanganan sampah plastik di Kabupaten Kendal,” ujarnya.
Malik juga mengatakan, selain menjadi wadah para Kades, Paguyuban Kades juga memiliki visi-misi untuk membangun Kabupaten Kendal lebih baik lagi.

Menurut data BPS Kendal, jumlah penduduk Kendal 1 018 505 jiwa .

Penulis : Priyo

Editor : Fai

2 Comments

  • Hiya! Quick question that’s entirely off
    topic. Do you know how to make your site mobile friendly?

    My web site looks weird when
    viewing from my iphone 4. I’m trying to find a theme or plugin that might be
    able to resolve this problem.
    If you have any suggestions, please share.

    Thanks!

Leave a Comment