Desa Wisata

Inilah Beberapa Tempat Wisata Kendal Yang Perlu Dikunjungi

Kendal,KabarMHF.com- Sektor wisata di Kabupaten Kendal, menjadi salah satu andalan pemerintah Kabupaten Kendal, yang akan dikembangkan. Sebab, sektor pariwisata, dinilai juga bisa untuk menunjang peningkatan UMKM. Berikut, beberapa tempat wisata di Kabupaten Kendal, yang layak untuk dikunjungi.

Perbukitan Kenjuran
Potensi pegunungan Kabupaten Kendal yang indah mulai dikembangkan untuk sarana olahraga. Salah satunya adalah kawasan perbukitan di Kenjuruan Purwosari Sukorejo Kendal. Daerah dengan ketinggian 1.379 Mdpl ini kini dibuat kawasan Sport Tourism Bike Park bertema Downhill.
Trek yang dibuat di kawasan ini sangat menantang dengan pemandangan alam Gunung Prahu yang indah dan sejuk. Minggu 03 oktober 2021, kawasan ini diresmikan Bupati Kendal Dico M Ganinduto dengan penandatanganan pada monument tugu yang berada di awal trek Downhill.

Desa Wisata Gondang Limbangan

Desa Gondang Kecamatan Limbangan merupakan Desa Wisata percontohan di Kabupaten Kendal. Desa Gondang memiliki potensi wisata dibidang keindahan alam dan perkebunan, serta edukasi dan kuliner. Adapun beberapa sektor wisata yang menjadi unggulan di Desa Gondang adalah Curug Parleburgongso, Curug Cemara Kembar, Lembah Nirwana, Taman Sayur dan Paketan Kegiatan wisata yang menawarkan pengipanapan serta penawaran pentas seni bahkan Mina Wisata.

Curug Sewu
Curug Sewu terletak di Patean, Kendal dan merupakan air terjun tingkat tiga dengan ketinggian sekitar 80m.
Nama air terjun tersebut diambilkan dari nama desa tempat air terjun tersebut berada, yakni desa Curugsewu tepatnya di Kecamatan Patean, jaraknya 40 kilometer dari kota Kendal dengan terlebih dahulu melewati kota Weleri dan Sukorejo. dari Temanggung dan Wonosobo dapat melewati Parakan – Ngadirejo – Patean – Curug Sewu (info lanjut dapat di lihat di http://www.curugsewu.com Diarsipkan 2013-09-20 di Wayback Machine. )

Air terjun Curugsewu memiliki keistimewaan dan keunikan tersendiri dibandingkan air terjun lainnya, dengan total ketinggian 70 meter yang terdiri dari 3 terjunan, masing-masing memiliki ketinggian 45 meter, 15 meter dan 20 meter. Terlihat sangat indah dan menawan untuk dipandang, terlebih pada saat tertentu, dari antara terjunan muncul pelangi paduan aneka ragam warna yang mempesona.

Curug Lawe Sicepit

Di Curug Lawe Sicepit, grojogan atau air terjun yang ada, terbilang besar dan setinggi 20 meter. Dengan udara yang dingin dan air yang segar, kadang muncul kabut yang menjadi nilai tambah dari lokasi wisata ini. Tebing-tebing di sekitar air terjun banyak diselimuti tanaman peredu, hutan pinus yang menjulang tinggi dan membuat mata menjadi segar. Belum lagi, aliran air di sungai terlihat jernih dan banyak batu besar berwarna putih di tengahnya.
Medannya pun tidak sulit. Curug Lawe Secepit juga memberikan hawa dingin khas dataran tinggi, namun medannya tidak terlalu sulit, karena wisata ini sedang dikembangkan sehingga Pokdarwis menyediakan beberapa gazebo dan bangku panjang yang bisa dimanfaatkan untuk lokasi foto

Pantai Ngebum

Pantai Ngebum (Ngebom) berada di pesisir pantai utara masuk di wilayah Kabupaten Kendal, lebih tepatnya di Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kota Semarang dan Kabupaten Semarang di timur, Kabupaten Temanggung di selatan, serta Kabupaten Batang di barat. Pantai ini di beri nama mirip dengan pantai Ngebum atau Ngebom yang berada di Kota Pekalongan. Tidak begitu jelas kenapa namanya mirip. Hal yang sama juga berlaku untuk nama Curug (waterfall) Lawe yang ada di Kebun teh Medini Kendal dan Curug Lawe Kalisidi Kecamatan Gunungpati. Namun sebagian masyarakat ada yang memberi nama Pantai Ngebum dengan sebutan Pantai Mororejo. Karena Pantai ini merupakan wilayah sekaligus tempat mata pencaharian Desa Mororejo.
Untuk menuju ke Pantai Ngebum, petualang bisa melewati beberapa jalur yang mudah dilewati baik dengan motor atau mobil. Karena jalur ke pantai Ngebum sebenarnya merupakan jalur truk kontainer untuk membawa log (kayu) ke pabrik Kayu Lapis Indonesia dan Pabrik Rimba Partikel Indonesia yang berada di dekat Desa Mororejo. Hanya berjarak sekitar 6km dari pusat kota Kaliwungu atau sekitar 15 menit perjalanan ke arah utara melewati Jalan Laut menuju Pantai Ngebum, petualang bisa leluasa mengendarai kendaraan sambil melihat pemandangan tambak ikan dan tanaman bakau di sisi kiri jalan. Atau melihat indahnya panorama pegunungan dan sawah yang membentang luas di sebelah kanan.
Bagi petualang yang memulai dari arah Kota Semarang, bisa di tempuh dengan waktu sekitar 30menit. Jalur yang harus ditempuh melewati beberapa titik seperti Tugu – Mangkang – Kota Kaliwungu – Jalan Laut – Mororejo (Pabrik Kayu Lapis Indonesia) – Pantai Ngebum. Atau jalur yang lain melewati Mangkang – Jalur lingkar Kendal – (sekitar 3km kemudian) ada tanda atau plang Pantai Mororejo (Pantai Ngebum) di sebelah kiri sebelum jalan naik – Belok kiri ke arah jalan kecil – Mororejo – Pantai Ngebum. Untuk yang satu ini disarankan petualang untuk pelan dan tidak mendadak waktu berbelok. Tenang saja, karena ketika sudah terlanjur melewati belokan, sekitar 10meter kemudian ada bebepa belokan ke arah kiri yang lain. Mudah bukan.
Jalan menuju Pantai Ngebum bisa dikatakan lumayan, hanya beberapa titik jalan sedang dalam menunggu perbaikan. Namun bagi para petualang, hal sepele seperti itu tidak akan mengurangi semangat untuk terus ke utara menuju Pantai Ngebum. Beberapa menit kemudian petualang akan melihat panorama yang indah seperti tambak, hutan bakau, dan pabrik Kayu Lapis Indonesia dan Pabrik Rimba Partikel Indonesia yang besar di sisi kanan dan kiri jalan. Setelah melewati Jalan Laut, petualang akan masuk ke dalam Desa Mororejo hanya beberapa saat petualang sudah berada di ujung Pantai Ngebum.

Tiket masuk ke pantai hanya Rp. 3.000,-, cukup merakyat memang. Setelah melewati tiket masuk, sekitar 100 meter kemudian petualang akan berada persis di ujung pantai Ngebum. Silakan untuk memarkir kendaraan yang banyak disediakan masyarakat dengan membayar Rp. 2.000,- untuk roda dua. Berjalan beberapa langkah, sudah menemukan keindahan alam yang menajubkan. Ombak yang indah dan banyak kursi di pinggir pantai menambah nyaman suasana Pantai.
Pantai yang sangat luas terbentang dari timur berbatasan dengan Pabrik kayu lapis dan sebelah barat nun dekat disana terlihat dermaga Kota Kendal yang mengagumkan. Karena kondisi pantai yang tidak terlalu landai seperti kebanyakan pantai selatan jawa, petualang bisa lebih leluasa untuk berenang. Namun tidak di anjurkan untuk terlalu jauh menuju laut. Apabila tidak pintar berenang atau membawa anak-anak, bisa menyewa pelampung ban yang banyak disediakan di pinggir pantai. Tinggal memilih ukuran ban yang besar atau kecil, suka-suka saja.

Pantai Kemangi

Keindahan Pantai Indah Kemangi yang berada di Kecamatan Kangkung dinilai mempunyai daya tarik dan bisa dikembangkan menjadi sport tourism. Pantai ini, juga mempunyai daya tarik sebagai uji coba olahraga jetski.
Untuk saat ini, Pemkab Kendal, akan mendukung pengembangan destinasi wisata Pantai Indah Kemangi, terutama dalam bidang akses menuju pantai, dengan target kendaraan bus besar bisa sampai lokasi.(Adv/Dari berbagai sumber/Priyo)

Leave a Comment