News

ASITA Promosikan Wisata Kendal

Kendal, KabarMHF.com-PPKM Level 2 di Kabupaten Kendal, disambut baik oleh Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) atau Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia Provinsi Jawa Tengah. Menurut ketua ASITA Provinsi Jawa Tengah, Joko Suratno, Kabupaten Kendal mempunyai banyak tempat wisata yang bagus. Untuk itu, pihaknya mengajak 30 biro wisata untuk melihat tempat wisata, di daerah yang bersebelahan dengan kota Semarang ini.
“Rombongan kami kumpulkan di tempat wisata River Walk Boja Kendal,” kata Joko, Rabu (20/10/2021).
Di River Walk, tambah Joko, pihaknya memberi pemaparan bagaimana berwisata yang sehat di saat pandemi Covid 19. Sehingga tidak timbul klaster wisata.
“Selain River Walk, kami nanti akan ke tempat wisata Tubing Genting, Harnis, dan Fun of road,” ujar Joko.
Joko, menjelaskan di Jawa Tengah ada 350 perjalanan biro wisata dan 200 agen wisata. Ia berharap, tempat wisata yang dikunjungi di Kendal ini, bisa memikat para agen wisata, sehingga bisa membawa rombongan wisata ke Kendal.
Sementara itu, Kasi Distinasi Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kendal, Totok Subagyo, mengatakan di Kabupaten Kendal ada sekitar 32 tempat wisata, yang dikelola oleh pemerintah, pokdarwis, dan swasta. Tempat -tempat wisata itu, semuanya sudah dibuka.
“Tapi pengunjung yang masuk masih dibatasi,” ujar Totok.
Menurut Totok, supaya tidak timbul klaster baru di tempat wisata, ia meminta kepada pengelola agar mengawasi pengunjung. Bila tidak memakai masker, supaya ditegur dan disuruh menggunakan masker.
“Kalau masih nekat, suruh keluar atau pulang,” tegasnya.
Terkait dengan hal itu, pengelola tempat wisata River Walk Boja, Maria Marcelena, mengaku senang karena River Walk, dijadikan salah satu tempat yang dikunjungi. Ia berharap, River Walk, bisa menarik perhatian para agen wisata.
“Sehingga gagen-agen wisata itu, bisa menjadikan River Walk menjadi pilihan utama yang dikunjungi,” jelasnya.
Tempat Wisata River Walk, menurut pengakuan Marcela, pernah tutup 2 bulan karena pandemi Covid 19. Mulai 2 September 2021 kemarin,baru kembali buka lagi, karena Kabupaten Kendal sudah PPKM Level 2.
“Pengunjungnya sudah mulai banyak. Tapi kami tetap membatasi 25 persen,” ujar Marcela.
Mercela, mengaku pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan ketat untuk pengunjung. Selain harus cuci tangan dan pakai masker, serta suhu badan normal, pengunjung yang masuk ke River Walk, harus bisa memperlihatkan kartu vaksin. (Priyo/Fai)

Leave a Comment