News

Gema Sholawat, Dico: Santri Harus Bisa Meningkatkan UMKM

Kendal, KabarMHF.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal menggelar Gema Sholawat Akbar untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw 1443 H dan Hari Santri Nasional ke-7 di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Kamis (21/10/2021) malam. Pada kesempatan itu, bupati Kendal Dico M Ganinduto, mengatakan, karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, maka peringatan Hari Santri Nasional tahun ini tidak bisa digelar secara besar-besaran. Dico berharap, santri bisa berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Kendal.
“Sesuai dengan program dan visi misi Pemkab Kendal, salah satunya, agar santri bisa meningkatkan UMKM,” katanya.
Dico berharap, UMKM di pondok pesantren bisa berjalan dengan baik, sehingga tiap pondok memiliki produk unggulan atau satu pondok satu produk. Ekonomi kreatif juga harus dihidupkan, supaya santri di Kendal, bisa lebih baik dari sumber daya manusia dan terlibat dalam pembangunan di Kabupaten Kendal.

“Kami akan mendorong agar pondok pesantren memiliki produk yang bisa dipasarkan untuk umum. Kami akan membantu promosi dan peningkatan kualitas. Dan harapan ke depan dari pondok pesantren juga melahirkan banyak lapangan pekerjaan,” harapnya.
Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kendal, KH Asroie Thohir mengatakan, agar santri selalu mengikuti perkembangan zaman, kaitannya dengan teknologi informatika yang semakin maju. Jika santri tidak bisa memanfaatkan teknologi informatika, maka sebaran ajaran nilai-nilai agama Islam yang sangat luhur tidak bisa maksimal. Jika santri menguasai teknologi informatika, maka penyebaran nilai-nilai luhur agama bisa menjadi lebih maksimal. Terutama anak-anak milenial yang sangat akrab dengan teknologi informatika, maka jika tidak digunakan, dikhawatirkan kaum milenial akan mengakses konten yang tidak-tidak. “Dengan kesadaran Hari Santri ini, Alhamdulillah teman-teman pengelola pondok pesantren, saya lihat para santri sudah mulai semangat ingin bangkit sesuai dengan eranya, maka kami pun membackup semaksimal mungkin,” ujarnya.
Gema Akbar yang digelar secara sederhana ini dihadiri Bupati Kendal Dico M Ganinduto bersama Forkopimda Kendal, para kiai pengasuh pondok pesantren dan para santri. (Priyo/Fai)

Leave a Comment