News

Menpora Kunjungi Pesantren Yang Membuat Pesawat Aeromodeling

Kendal,KabarMHF.com-Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, berkunjung ke Pesantren Salafiah Al Ma’wa Ngampel Kendal Jawa Tengah, Senin (25/10/2021) sore. Kedatangan Amali, melihat langsung produk pesawat aeromodeling, yang diasuh oleh Ahmad Munawar tersebut. Setelah itu, Amali, langsung menuju tempat yang digunakan oleh masyarakat setempat, untuk latihan menerbangkan pesawat mini tersebut.
Kepada Kompas.com, Amali, mengaku bangga dengan para santri Salafiah Al Ma’wa, yang bisa membuat pesawat aeromodeling.
“Ini sungguh bagus. Ada pondok pesantren yang santri-santrinya bisa membuat pesawat aeromodeling,” kata Amali.
Amali, menambahkan tempat latihan aeromodeling, bisa dilengkapi fasilitasnya. Seperti misal, tempat istirahat, kamar kecil, dan pendukung lainnya.
“Tempat latihan untuk menerbangkan pesawat aeromodeling ini, kan dekat jalan tol Semarang – Batang. Jadi bisa menarik perhatian pengguna tol, untuk mampir ke tempat ini,” ujar Amali.
Amali yakin, bahwa bupati Kendal bisa membantu mengembangkan olahraga tersebut, dan juga membangun fasilitas tempat olahraganya.
Sementara itu, pengasuh Pesantren Salafiah Al Ma’wa, Ahmad Munawar mengatakan, pihaknya sudah sekitar 1 tahun memproduksi pesawat aeromodeling. Ada sekitar 15 santri, yang kini sudah membuat pesawat aeromodeling.
“Usaha ini, kami mulai di tengah pandemi Covid 19. Para santrinya diberikan pelatihan untuk membuat pesawat aeromodeling seminggu sekali dan tidak mengganggu kegiatan di Ponpes. Yang melatih bapak Sutrisno, dari Polda Jateng,” tambah Munawar.
Munawar, menjelaskan, pesawat aeromodeling buatan santrinya dijual dengan harga bervariasi. Antara 6-20 juta rupiah. Beberapa sudah dibeli oleh para pejabat, diantaranya, Sandiago Uno, wakil Gubernur Taj Yasin, bupati Kendal Dico, dan istrinya.
“Di pondok, kami menerapkan protokol kesehatan. Termasuk saat memproduksi pesawat aeromodeling,” jelas Munawar.
Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto, menambahkan aeromodelling merupakan salah satu olahraga yang banyak diminati, namun di Jawa Tengah belum ada fasilitasnya. Di Indonesia, kata Dico, hanya ada di Sentul, Kabupaten Bogor.
“Aeromodelling akan menjadi salah satu pariwisata unggulan berbasis olahraga di Kabupaten Kendal. Nantinya pembangunan kawasan aeromodelling , akan disupport oleh Pemerintah Kabupaten Kendal menggunakan skema Bantuan Keuangan Khusus (BKK dana dusun 100-300 juta) ,” pungkasnya. (Priyo/fai)

2 Comments

  • Pretty section of content. I just stumbled
    upon your blog and in accession capital to assert that I
    acquire actually enjoyed account your blog posts. Any
    way I’ll be subscribing to your augment and even I achievement you
    access consistently rapidly.

  • Have you ever thought about including a little bit more than just your articles?
    I mean, what you say is fundamental and all.

    However think about if you added some great photos or videos to give your posts more,
    “pop”! Your content is excellent but with images and videos, this site could undeniably be
    one of the best in its field. Very good blog!

Leave a Comment