News

Tanggul Kali Bodri, Rawan Longsor

Kendal,KabarMHF.com-Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal menggelar apel siaga bencana di Lapangan Desa Korowelang Kulon Kecamatan Cepiring, Kamis (4/11/2021). Apel siaga, dipimpin oleh bupati Kendal Dico M Ganinduto. Pada kesempatan itu, Dico, mengaku apel siaga dilaksanakan di lapangan pinggir kali Bodri, karena tempat itu rawan banjir dan longsor.
“Sehingga kami tahu betul situasi dan kondisinya,” kata Dico.
Dico, menambahkan ada sekitar 6 titik di sepanjang kali Bodri ini yang tanggulnya rawan longsor. Satu diantaranya, yang ada di desa Korowelang kulon. Tanggul di desa ini, jelas Dico, sudah longsong sekitar 70 meter. Tanggul yang lebarnya sekitar 4 meter, kini tinggal sekitar 2 meter, karena tergerus air.
“Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, tanggul yang longsor kami troncong dengan bambu, dan kami beri karung berisi tanah,” ujarnya.
Di musim hujan yang sudah mulai turun ini, Dico , meminta kepada semua dinas, badan atau satuan terkait mulai siaga dalam gerakan dan tindakan yang menyangkut bencana alam. Ia minta, supaya semua waspada terhadap daerah yang terdampak bencana.
“Dalam rangka mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kita harus mempersiapkan semua. Termasuk informasi yang terintegrasi dari layanan 112 yang sudah kita luncurkan, agar semua informasi dapat diserap dan tersalurkan dengan baik,” jelas Dico.
Dalam apel siaga bencana tersebut, juga dilakukan simulasi cara menangani bencana puting beliung dan pohon tumbang, oleh Damkar dan BPBD Kendal. (Priyo/Fai)

Leave a Comment