News

Inilah Yang Dilakukan Jurnal, Supaya Tidak Buang Sampah Sembarangan

Kendal, KabarMHF.com-Memperingati hari pahlawan, wartawan yang tergabung dalam forum jurnalis Kendal, memasang poster larangan buang sampah dengan kata-kata unik. Diantaranya, dilarang buang sampah di sini , karena setannya marah, dilarang buang sampah di sini kemarin ada yang kesurupan, dan ada juga kalimat, dilarang buang sampah di sini kecuali monyet. Poster berukuran 20 x 40 Cm itu, dipasang dibeberapa tempat.
Salah satu jurnalis Kendal, Unggul Priambodo, mengatakan aksi pemasangan poster peringatan jangan membuang sampah disembarang tempat ini, dilakukan bertepatan dengan hari pahlawan. Tujuannya, biar masyarakat mempunyai semangat untuk melawan sampah. Sebab sampah bisa menjadi ancaman bencana banjir, bila musim hujan tiba. Disamping itu, juga mengurangi keindahan.
“Kalau imbauan , dilarang buang sampah di sini , itu sudah biasa, dan tetap membuang sampah sembarangan. Tetapi kami dari Jurnal ingin memberikan hal yang berbeda, yakni dengan memasang poster larangan yang unik,” kata Unggul, Rabu (10/11/2021)
Unggul, yang menjabat sebagai sekretaris Forum Jurnalis Kendal, mengaku poster larangan membuang sampah dengan kata-kata menggelitik ini, akan dipasang di 100 titik di Kabupaten Kendal. Khususnya di lokasi yang bukan merupakan tempat sampah tetapi digunakan warga untuk membuang sampah. Salah satunya, di makam pahlawan Setyabhakti Boja, yang baru dibersihkan oleh bupati dan forkompinda, karena kotor dan terkesan tidak terawat. Pemasangan poster ini, dilakukan oleh jurnalis bersama bupati Kendal, Dico M Ganinduto.
“Di depan makam pahlawan ini, kami beri poster bertuliskan, jangan buang sampah di sini, kemarin ada yang kesurupan. Tujuannya supaya masyarakat tetap menjaga kebersihan makam ini,” jelas Unggul.
Sementara Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengapresiasi inovasi dari wartawan yang tergabung dalam forum Jurnal , dengan cara memasang poster menyentil warga yang membuang sampah di sembarang tempat. Menurutnya, sentilan ini bisa membuat warga sadar akan arti kebersihan.
“Permasalahan sampah bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja karena masyarakat harus sadar dari awal tentang kebersihan. Poster menyentil ini merupakan inovasi yang menarik dan unik dari teman-teman jurnalis Kendal yang ikut peduli dengan masalah sampah ini,” kata Dico.
Dico , berharap masyarakat bisa mulai membiasakan tidak membuang sampah sembarangan dan memilah milah sampah. Ide-ide kreatif diperlukan untuk mengingatkan masyarakat sehingga lebih mengena dan mudah diingat.
“Ini sudah memasuki musim hujan, jangan membuang sampah di sembarang tempat. Sebab bisa menyebabkan banjir,” pungkas Dico. (Priyo/Fai)

Leave a Comment