News

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Mas Vino:Mari Kita Teruskan Perjuangan Pahlawan

Ungaran,KabarMHF.com-Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Mochamad Herviano Widyatama, menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR di Kabupaten SemarangKamis (10/11/2022). Acara berlangsung di Aula Desa Bergas Kidul, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Pada kesempatan tersebut, mas Vino (sapaan akrab) Mochamad Herviano, mengucapkan selamat Hari Pahlawan. Ia berharap, semuanya bisa mewarisi nilai-nilai perjuangan para pahlawan.

“Kebetulan hari ini, adalah hari Pahlawan. Mari kita teruskan perjuangan para Pahlawan dengan memerangi kemiskinan dan kebodohan, untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur,” kata Vino.

Vino menjelaskan, empat pilar MPR meliputi, Pancasila, Undang -undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika. Pancasila sebagai dasar dan Ideologi negara harus kita camkan bersama. Artinya, dalam kehidupan sehari-hari, kita harus saling menghormati , dan menghargai sesama.

“Dan yang paling penting Pancasila sebagai ideologi negara nilai -nilainya jangan sampai musnah,’ ujar Vino.

Disamping itu, tambah Vino, Wilayah NKRI yang terbentang dari Sabang sampai Merauke adalah utuh satu kesatuan yang wajib kita pertahankan. Sebagai tanggung jawab sebagai masyarakat, kata Vino, jangan sampai terpecah belah. Dalam menyelesaikan masalah, ajak Vino, utamakan musyawarah untuk mencapai mufakat.

“Bhinneka Tunggal Ika. Artinya, berbeda-beda tapi tetap satu,” ujar Vino

Menurut Vino, bangsa Indonesia lahir dari berbagai suku, agama, dan adat istiadat. Keberagaman ini, merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang harus dijaga sebagai sebuah kekuatan bangsa, bukan sebaliknya.

“Bapak dan ibu, mengamalkan nilai-nilai 4 pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, ingatlah jatidiri bangsa kita, yakni gotong-royong,” ujar Vino.

Oleh sebab itu, Vino mengajak kepada semua masyarakat untuk terus menanamkan nilai-nilai empat pilar ini dalam kehidupan sehari-hari. Terutama untuk para generasi muda, harus tetap semangat dalam belajar, generasi penerus bangsa yang hingga selama-lamanya tetap menjaga keutuhan negara republik Indonesia yang kita cintai.

“Teruslah saling menghormati, menghargai dan bergotong-royong, bahu membahu mulai dari lingkungan kita masing-masing,” pungkas Vino dalam sosialisasi Empat Pilar MPR di Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang.

Kepala desa Bergas Kidul, Heri Nugroho, mengucapkan terima kasih kepada Herviano, yang telah menyalurkan aspirasinya ke desa yang ia pimpin. Ia berjanji, bersama masyarakat desa Bergas Kidul, akan merawat bangunan dari aspirasi Herviano tersebut.

“Terima kasih kepada mas Vino, pembangunan irigasi sawah dan jalan dari aspirasi mas Vino, sangat bermanfaat bagi kami,” kata Heri Nugroho.

Terkait dengan hal itu, ketua PAC Kecamatan Bergas, Ari Imam Basuki, mengucapkan terima kasih kepada Herviano, yang banyak sekali menyalurkan aspirasinya ke Kabupaten Semarang. Dirinya mewakili DPC PDI Perjuangan Kabupaten Semarang, meminta kepada semua kepala desa yang menerima aspirasi dari Herviano, supaya bisa merawat dan menjaga hasil aspirasi tersebut.

“Terima kasih kepada mas Vino dan tim pengawal aspirasi Herviano, yang telah memperhatikan kami,” pungkasnya.

Selain ketua PAC Kecamatan Bergas, sosialisasi empat pilar MPR juga dihadiri Bakal Calon anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, Bagus Suryo Kusumo. ()

 

Leave a Comment