News

Di Kendal, Hendrar Prihadi: Memaksimalkan E Katalog

Kendal, KabarMHF.com- Pemerintah mendorong kepada daerah untuk memaksimalkan e katalog dalam pengadaan barang dan jasa, baik e katalog nasional ataupun katalog lokal. Pasalnya, prosesnya lebih cepat dan efesien dibanding dengan pengadaan barang melalui lelang. Hal ini disampaikan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) RI, Hendrar Prihadi saat Kunjungan Kerja di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Jumat (18/11/2022).

“Kami mendorong Pemerintah Daerah agar memaksimalkan penggunaan e Katalog dalam pengadaan barang dan jasa. Ini penting sekali, karena dengan e Katalog, waktu jadi lebih efisien, tapi kalau proses pelelangan kan sampai 45 hari. Maka perlu dijelaskan lebih detail, karena dari kunjungan ke beberapa daerah lain, umumnya ada yang belum paham secara detail,” jelasnya.

Pemerintah juga mendorong pemakaian produk dalam dan produk lokal daerah, karena akan membangkitkan perekonomian daerah. Dampaknya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah. Oleh karena produk lokal dan UMKM didorong bisa tayang di e Katalog.

“Kami juga mendorong di Kabupaten Kendal supaya ada peningkatan pemakaian produk lokal lewat e Katalog lokal maupun proses pengadaan lewat e Katalog nasional supaya penyerapan APBD di Kendal menjadi lebih cepat,” katanya.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mendorong pengadaan barang melalui e Katalog terus ditingkatkan. Selain itu agar penyerapan produk dalam negeri, khususnya produk lokal bisa lebih tinggi lagi. “Kami terus mendorong terhadap dukungan aplikasi e Katalog berbasis android untuk bisa membantu para pelaku UMKM yang tidak memiliki sarana terhadap akses komputer, jadi terus dikembangkan supaya lebih jika berbasis android,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Kendal, Sugiono mengatakan, pihaknya akan berupaya agar banyak produk lokal Kendal yang masuk dalam e Katalog, mulai produk UMKM sampai produk konstruksi. Selain itu, akan mendorong semua OPD agar mengoptimalkan belanja barang dan jasa melalui e Katalog. “Setelah pertemuan ini segera ditindaklanjuti, yang pertama membuka e Katalog lokal sebanyak mungkin, mulai dari produk UMKM sampai dengan produk konstruksi. Kemudian kami akan berdiskusi dengan semua OPD agar kegiatan atau proyek yang ada itu diutamakan melalui e Katalog,” katanya. (Adv/Priyo/fai)

Leave a Comment