News

Lapas Terbuka Kendal Tanam 150 Kelapa Kopyor Di Lahan Seluas 1,5 Hektar

Kendal,KabarMHF.com-Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Terbuka Kelas IIB Kendal, melakukan penanaman kelapa kopyor genjah, Senin (28/11/2022). Penanaman perdana bibit kelapa kopyor genjah, dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Kepala Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal dan para mitra kerja. Kalapas terbuka IIB Kendal, Rusdedy, mengatakan pada tahap awal ini, pihaknya telah menyiapkan 150 bibit kelapa kopyor genjah. 150 bibit itu, ditanam di lahan seluas 1,5 hektar. Ia mentargetkan, dalam tiga tahun ke depan, setiap bulan sudah bisa dipanen.
“Selama menunggu masa panen, akan dilakukan tanaman tumpang sari dengan tanaman jagung, cabai dan tanaman lainnya,” ujatr Rusdedy.
Rusdedy menambahkan, dengan adanya kelapa kopyor ini, bisa menambah tanaman di Lapas terbuka, yang menjadi tempat wisata edukasi bagi masyarakat.
“Dari hasil perkebunan dan peternakan ini, berdasarkan perhitungan tahun kemarin, Lapas Terbuka Kendal tiap tahunnya mampu meraih penghasilan kotor sekitar 130 juta,”aku Rusdedy.
Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Yuspahruddin, mengatakan bahwa tugas Lapas adalah meningkatkan kwalitas kepribadian dan kemandirian warga binaan. Oleh sebab itu, Lapas memberikan pendidikan dan keterampilan kepada warga binaan tersebut. Targetnya supaya warga binaan mendapatkan sertifikasi, sehingga ketika kembali ke masyarakat, bisa memudahkan mendapatkan pekerjaan.
“Lapas akan bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi, supaya keahlian atau keterampilan warga binaan benar-benar diakui, sehingga memudahkan ketika melamar kerja,” katanya.
Yuspahrudin menjelaskan, Lapas harus menjadi pendorong inovasi dan kreativitas dalam pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu dengan berbagai usaha bidang pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan maupun usaha lainnya, Lapas harus bisa meningkatkan perekonomian dalam rangka membangun ketahanan pangan.
“Lapas harus ikut andil dalam menopang ketahanan pangan melalui usaha produktif yang dikelola atau yang ditekuni oleh warga binaan setelah keluar nanti,” katanya.
Penanaman perdana kelapa kopyor genjah,diawali dengan kegiatan Workshop tentang Pembangunan Kebun Plasma Nutfah Kelapa Kopyor sebagai Destinasi Wisata Baru Berbasis Produk Eksotik. Budidaya kelapa kopyor genjah ini bekerja sama dengan Koperasi Produsen Agro Gemilang Nusantara. (Priyo/Fai)

Leave a Comment