Opini

Memikat Peserta Didik dengan Aplikasi Menulis Aksara Jawa pada Materi Aksara Jawa

Oleh : Latifiyah Ainur Rizki, S. Pd

Guru Bahasa Jawa SMK Negeri 4 Kendal

Bahasa Jawa merupakan mata pelajaran muatan lokal wajib yang harus diberikan mulai jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah. Meskipun menjadi bahasa daerah setempat tetapi mata pelajaran Bahasa Jawa merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh peserta didik SMK Negeri 4 Kendal, terlebih pada materi Aksara Jawa. Meskipun materi aksara Jawa sudah diajarkan mulai jenjang sekolah dasar pada setiap semesternya, namun materi ini masih menjadi momok bagi peserta didik. Berdasarkan observasi para guru, materi aksara Jawa ternobatkan sebagai materi tersulit pada mata pelajaran Bahasa Jawa. Hal tersebut dikarenakan rendahnya keterpakaian aksara Jawa pada saat ini, sehingga peserta didik kurang tertarik untuk mempelajari dan menghafalkannya. Ketidak tertarikan tersebut salah satunya karena tidak adanya tindak lanjut setelah peserta didik mempelajari materi aksara Jawa tersebut.
Tak hanya tidak bisa membaca aksara Jawa, akan tetapi peserta didik juga tidak bisa menulis aksara Jawa. Salah satu faktor penyebabnya adalah tidak hafalnya peserta didik pada aksara Jawa. Hal tersebut mendorong guru untuk berfikir keras bagaimana cara memikat dan menarik perhatian peserta didik pada materi aksara Jawa. Guru dituntut harus, kreatif, inovatif dan mampu memanfaatkan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) terutama yang sangat dekat dengan peserta didik. Setelah membaca dan mempelajari berbagai sumber, akhirnya guru menemukan solusi untuk mengatasi permasalahan kurangnya motivasi peserta didik pada materi menulis aksara Jawa, yakni dengan pemanfaatkan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) berupa suatu aplikasi yang dapat membantu mempermudah peserta didik dalam menulis aksara Jawa. Ya, Namanya aplikasi nulis aksara Jawa, aplikasi tersebut dapat di-download melalui playstore pada android peserta didik. Aplikasi Nulis Aksara Jawa tersebut dipilih karena pengoperasiannya menggunakan android, dimana androidlah yang saat ini sangat dekat dengan peserta didik. Dan benar saja, setelah guru menggunakan aplikasi tersebut dalam proses pembelajaran menulis aksara Jawa, antusias peserta didik sangat tinggi. Mereka penasaran dengan aplikasi tersebut dan langsung mengoperasikan aplikasi tersebut untuk menulis aksara Jawa.
Aplikasi nulis aksara Jawa tersebut terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam menulis Aksara Jawa. Hal tersebut dilihat dari keaktifan peserta didik saat proses kegiatan pembelajaran dalam menulis aksara Jawa menggunakan aplikasi Nulis Aksara Jawa dan hasil evaluasi yang nilainya jauh lebih baik dari sebelum peserta didik menggunakan aplikasi Nulis Aksara Jawa. Gurupun tidak berhenti sampai disitu, keberlanjutan dari materi menulis aksara Jawa juga diterapkan, yakni dengan membuat Whatsapp Grup khusus guru Bahasa Jawa dan peserta didik, dimana dalam berkomunikasi melalui chatt grup harus menggunakan font aksara Jawa. Hal tersebut bertujuan agar peserta didik terbiasa menulis aksara Jawa melalui media digital, dengan cara tersebut diharapkan agar adanya keterpakaian aksara Jawa dalam kehidupan sehari-hari dapat tetap lestari meski dalam gempuran globalisasi yang sangat keras.

1 Comment

  • MAKE 1000$ EASILY EVERYDAY GUARANTEED WITH THIS 2023
    METHOD

    1. OPEN STAKE ACCOUNT HERE: https://bit.ly/3j90ZQI
    2. DEPOSIT 10$ TO YOUR ACCOUNT
    2. GO TO AFFILIATE IN YOUR DASHBOARD
    4. COPY YOUR AFFILIATE URL
    3. SHARE THE LINK TO ALL OF YOUR FRIENDS,
    GROUPS
    4. REPEAT THIS ON DAILY BASIS
    5. BOOM THE MONEY IS ON THE WAY

Leave a Comment