News

Peletakan Saka Dari Wali Sembilan, Menandai Renovasi Masjid Kendal

Kendal, KabarMHF.com-Pemasangan Tiang Utama (Soko Guru) Masjid Agung Kendal yang menurut sejarah dari wali sembilan, menandai dimulainya renovasi masjid tersebut, Senin (21/08/2023). Pemasangan saka masjid tersebut, Untuk mempertahankan nilai sejarah yang dimiliki oleh Masjid tertua itu. Soko Guru merupaka pemberian dari empat wali yaitu Sunan Ampel atau Raden Rahmat yang makamnya di Surabaya, Sunan Bonang atau Raden Maulana Makdum Ibrahim yang makamnya di Tuban, Sunan Kalijaga atau Raden Mas Syahid yang makamnya di Demak dan Sunan Gunungjati atau Syech Maulana Syarif Hidayatullah yang makamnya di Cirebon.

Menurut Sekertaris Daerah Kendal Sugiono, progres pembangunan Masjid Agung Kendal secara operasional, ditargetkan selesai pada akhir tahun 2023.
“Progresnya sat ini 25 persen, namun kita targetkan secara operasional selesai pada akhir tahun ini,” kata Sugiono..
Sugiono menjelaskan, renovasi Masjid Agung guna memberikan rasa nyaman pada para jamaah dan membuat bangunan menjadi lebih representatif. Seain itu juga upaya Pemerintah Kabupaten Kendal dalam penataan wilayah Alun-alun Kendal.
Sementara Takmir Masjid Agung Kendal, KH Asroi Tohir menjelaskan Masjid Agung Kendal turut mendukung dengan adanya renovasi yang dilakukan oleh Pemkab Kendal, terlebih membuat Bangunan Masjid Agung Kendal menjadi Ikon di Masyarakat.
“Tentunya kami setuju dengan adanya renovasi ini, harapan Bupati Kendal guna membuat Masjid Agung Kendal menjadi Ikon sangatlah baik. Selain nantinya memberikan kenyamanan bagi para jamaah tentu bisa menjadi destinasi wisata religi, lantaran di area masjid juga terdapat makam mbah Wali Joko, selaku perintis pembangunan masjid ini,” ujar KH Asroi Tohir.
Diketahui juga bahwa Renovasi Masjid Agung Kendal ini, merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Kendal di tahun 2023 untuk mendukung pencapaian visi dan misi Pembangunan Kabupaten Kendal.
Pada acara pemasangan Soko Guru turut hadir Sekda Kendal Sugiono, Forkopimda, Kepala Kemenag Kendal, Ketua MUI Kendal KH Asro’i Tohir Ketua FKUB Kendal, Ketua Baznas Kendal, perwakilan PCNU Kendal, para ulama serta tokoh masyarakat dan tokoh agama Kendal. (Priyo/Fai)

272 Comments

Leave a Comment