News

Kemarau, Penderita ISPA Di Kendal Meningkat

Kendal, KabarMHF.com-Pada musim kemarau tahun 2023 ini, masyarakat yang menderita infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), di tiga bulan terakhir terus meningkat. Dari data Dinas Kesehatan Kendal, jika di bulan Juni ada 7057 dan bulan Juli ada 8106, pada bulan Agustus sebanyak 8757 orang. Menurut kepala Dinas Kesehatan Kendal, Abidin, penyakit ISPA ini menyerang di segala usia, mulai bayi sampai usia di atas 60 tahun. Penderita paling banyak pada usia 9 sampai 60 tahun. Pada rentang usia ini, di tahun 2023, pada bulan Juni tercatat ada 2.648 orang, bulan Juli 3.325 orang, dan bulan Agustus ada 3411 orang.
“Kemungkinan karena di usia tersebut sering beraktivitas di luar rumah. Mereka banyak bersinggungan dengan udara yang cukup panas dan debu-debu yang jika dihirup lewat hidung atau mulut, maka bisa menjadi penyebab penyakit ISPA,” kata Abidin, Rabu (13/09/2023).
Abidin, menghimbau kepada masyarakat, supaya memakai masker bola keluar rumah. Hal itu untuk mencegah debu masuk ke hidung, mulut atau mata. Selain itu agar memakai baju yang berwarna cerah dan mudah menyerap keringat.
“Pada kondisi cuaca ekstrim yang panas seperti sekarang ini, sebaiknya mengonsumsi sayur dan buah-buahan serta banyak minum air putih, dan jangan menunggu haus,” ujar Abidin.
Sementara itu, Direktur RSUD Soewondo Kendal, Saiku, mengakui ada peningkatan pasien karena sakit ISPA di tiga bulan terakhir ini. Untuk pasien yang rawat inap karena sakit ISPA , pada bulan Juni ada 29, bulan Juli 48, dan pada bulan Agustus ada 63. Sementara yang rawat jalan, pada bulan Juni ada 129 pasien, Juli 133 pasien, dan Agustus ada 167 pasien.
“Pasien terbanyak, baik yang menjalani rawat inap maupun rawat jalan, ada pada usia 1 sampai 14 tahun,” jelas Saiku. (Priyo/Fai)

9 Comments