News

Hujan, Sebabkan Puluhan Desa Dan Belasan Sekolah Kebanjiran

Kendal,KabarMHF.com-Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kendal sebanyak 25 desa/kelurahan kebanjiran, karena hujan yang turun beberapa hari. Selain itu, hujan juga menyebabkan 15 SD dan 2 SMPN Kebanjiran. Terkait dengan hal itu, Bupati Kendal Jawa Tengah, Dico M Ganinduto, meninjau beberapa lokasi banjir. Diantaranya , di desa Kebonadem Brangsong, dan Kumpulrejo Kaliwungu, Kamis (14/03/2024). Didampingi Kapolres Kendal, AKBP. Feria Kurniawan, suami artis cantik, Chaca Frederica tersebut, memberi bantuan sembako dan mie instan kepada warga yang rumahnya kebanjiran. Pada kesempatan itu Dico, juga menyempatkan diri berdialog dengan warga yang terdampak banjir. Di sela-sela kunjungannya itu, bapak beranak satu tersebut, meminta kepada instansi terkait supaya membantu kebutuhan semua warga yang terdampak banjir. Ia, meminta kepada semua camat yang daerahnya terkena banjir, supaya berkoordinasi dengan lurah atau kepala desa.
“Kalau memang diperlukan dapur umum, buat dapur umum. Jangan sampai warga yang terdampak banjir, sakit atau kelaparan,” kata Dico.
Dico, mengakui bahwa banjir di Kendal tidak setinggi tahun lalu. Termasuk di desa Kebonadem Brangsong dan Kumpulrejo Kaliwungu. Hal ini dikarenakan sebelumnya sudah ada penanganan di daerah rawan banjir.
“Di Kelurahan Bandengan sekarang sudah tidak banjir. Padahal dulu langganan banjir. Kalau di Brangsong dan Kaliwungu ini, banjir disebabkan meluapnya air kali Waridin, juga karena hilangnya pintu air,” ujar Dico.
Menurut Dico, perlu koordinasi dan kerjasama antara masyarakat, pemerintah daerah, pemerintah provinsi, dan pemerintah pusat, untuk menangani banjir.
“Kalau Kendal, selama 3 tahun ini saya pimpin, selalu berkomitmen untuk menangani banjir. Hasilnya ya, sudah ada beberapa daerah langganan banjir, yang kini sudah tidak banjir,” jelas Dico.
Dico, meminta kepada masyarakat supaya tetap waspada, karena cuaca masih belum menentu. (Priyo/Fai)

9 Comments

Leave a Comment